Monday, June 11, 2012

Setiap Hari, 900 Ribu Android Baru Diaktifkan


fotoCalifornia - Pertumbuhan sistem operasi mobile besutan Google, Android, belum juga menunjukkan tanda-tanda perlambatan.

Dikutip dari situs teknologi Tech Crunch, Senin, 11 Juni 2012, Andy Rubin, Senior Vice President of Mobile di Google, mengumumkan melalui akun Twitter-nya bahwa saat ini 900 ribu unit perangkat Android baru diaktifkan setiap harinya.

Pada periode Juni hingga Desember tahun lalu angka ini masih berada pada kisaran 700 ribu unit. Dua bulan kemudian, dalam ajang Mobile World Congress, Google menyebutkan bahwa angka aktivasi perangkat baru mencapai 850 ribu unit per hari.



Angka aktivasi ini dihitung ketika pengguna melakukan registrasi terhadap perangkat Android yang baru dibeli "gres" dari toko. Setiap perangkat dihitung hanya satu kali, meski telah dipindahtangankan ke banyak orang.

Saat ini Android menjadi platform terpopuler dan menguasai pasar ponsel cerdas.

Menurut analisis International Data Corporation (IDC), penjualan ponsel cerdas secara global didominasi Android dengan 61 persen. Di posisi berikutnya adalah iOS sebesar 20,5 persen.

Selain menjadi platform terbuka, Google juga membuat keunikan karena selalu menyematkan nama kudapan pada sistem operasi tersebut dan sesuai dengan urutan alfabet, kecuali huruf A dan B.

Mulai dari Android Cup Cake (versi 1.5); Donut (1.6); Eclair (2.1), Frozen Youghurt/Froyo (2.2); Gingerbread (2.3); Honeycomb (3.0); Ice Cream Sandwich (4.0).

Dari rumor yang beredar, nama-nama sistem operasi Android selanjutnya adalah Jelly Bean dan Key Liem Pie.

Fikry Hamzah

No comments :

Post a Comment