Wednesday, June 13, 2012

Bulan Superbesar di Akhir Pekan Ini

Huntsvile - Bulan purnama terbesar yang disebut “<I>supermoon<I>,” akan mengisi langit pada akhir pekan ini. Cahaya terangnya dapat mengganggu puncak hujan meteor tahunan yang merupakan sisa ekor komet Halley.

<I>Supermoon<I> pada tahun ini akan terjadi pada 6 Mei, 03.35 GMT dan dapat disaksikan pada malam harinya. Pada saat yang sama, hujan meteor tahunan Eta Aquarid akan mencapai puncaknya.

“Sinar bulan super itu akan melibas meteor Eta Aquarid yang lebih redup,” kata Bill Cooke, pakar meteor NASA dari  Marshall Space Flight Center di Huntsville, Amerika Serikat. Namun Cooke mengatakan ada kemungkinan bola api benderang dari hujan meteor itu masih dapat terlihat.

Fenomena <I>supermoon<I> muncul bila fase bulan penuh terjadi pada saat yang sama dengan lintasan terdekat rembulan dengan bumi pada bulan itu. Itulah yang akan terjadi pada Ahad nanti, ketika bulan berayun 356.955 kilometer dari bumi–titik terdekat sepanjang tahun ini.

“Ahad nanti bulan bisa tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada bulan purnama lain sepanjang 2012,” kata astronom Tony Phillips.

Karena orbit bulan tidak persis melingkar, ada variasi 3 persen dalam pendekatan posisi terdekatnya dengan bumi setiap bulan. Jarak bumi-bulan rata-rata sekitar 384.400 km.

Fikry Hamzah



No comments :

Post a Comment