Wednesday, June 13, 2012

Asteroid Dekat Bumi Bakal Ditambang

fotoSeattle - Sebuah perusahaan yang baru diresmikan dengan didukung sejumlah tokoh terkenal--termasuk pembuat film James Cameron dan pendiri Google, Larry Page--mengumumkan rencana untuk menambang asteroid dekat Bumi. Asteroid itu diketahui kaya akan sumber daya, seperti logam mulia dan air.

Planetary Resources Inc bermaksud untuk menjual bahan-bahan ini. Selain menghasilkan keuntungan, proyek ini ditujukan juga untuk memajukan kemampuan eksplorasi manusia dan eksploitasi ruang, dengan ekstraksi sumber daya yang membantu spesies kita menyebar ke seluruh tata surya.

"Jika Anda melihat kayanya sumber daya alam di luar angkasa, langkah logis berikutnya adalah pergi ke asteroid dekat Bumi," kata salah seorang pendiri perusahaan, Eric Anderson, kepada SPACE.com. "Mereka sangat berharga dan begitu mudah dicapai secara energi. Asteroid dekat Bumi adalah betul-betul buah yang bergantung sangat rendah dari tata surya kita."

Planetary Resources meresmikan rencana penambangan asteroid pada pukul 13.30 waktu setempat (17.30 GMT) Selasa dalam konferensi pers di Museum of Flight Seattle.

Dua sumber daya yang akan ditambang pertama kali adalah logam dari kelompok platinum dan air, kata Anderson. Kelompok logam platinum terdiri atas rutenium, rodium, paladium, osmium, iridium, dan platinum--ditemukan dalam konsentrasi rendah di Bumi dan bisa jadi sulit untuk didapat, itulah sebabnya mengapa logam ini begitu mahal.

Bahkan, Anderson mengatakan, platinum tidak terjadi secara alami dalam kerak Bumi, yang telah disimpan di planet kita selama ribuan tahun oleh dampak asteroid. "Kita sekarang akan pergi ke sumbernya," kata Anderson. "Platinum di asteroid konsentrasinya lebih tinggi daripada di kerak Bumi."


Fikry Hamzah

No comments :

Post a Comment