Wednesday, June 13, 2012

Ulang Tahun, Perusahaan Software Ini Tur ASEAN


fotoJakarta - Perusahaan penyedia perangkat lunak khusus untuk perusahaan, SAP, tahun ini memasuki usia ke-40.

Sebagai rangkaian acara ulang tahunnya, SAP mengadakan Forum SAP di Asia Tenggara yang dimulai di Jakarta pada hari ini, Selasa, 13 Juni 2012, dan berlanjut ke Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Dalam Forum SAP akan diselenggarakan konferensi serta eksibisi yang menampilkan beberapa sesi demo untuk memperdalam pengetahuan pelanggan serta membuka dialog dengan pelanggan, potensial pelanggan, rekanan, atau anggota ekosistem SAP lainnya.

Ada beberapa hal yang hendak difokuskan SAP dalam acara ini. Yang pertama adalah isu mobilitas.

"Kami memprediksi bahwa lima tahun mendatang pelaku usaha akan lebih banyak menjalankan aktivitasnya dengan menggunakan platform mobile," ujar Tim Moylan, SAP South East Asia President, di Jakarta, Rabu, 13 Juni 2012.

Selain itu Moylan juga menyebutkan bahwa teknologi kunci yang akan membawa perubahan besar dalam komputasi adalah in-memory computing.

SAP telah memiliki teknologi ini dalam produk HANA yang memungkinkan pengolahan data langsung dari memori, sehingga prosesnya menjadi jauh lebih cepat. Pengolahan data yang sebelumnya dilakukan dalam waktu lima jam dapat diselesaikan dalam kisaran detik dengan HANA.

"Ini merupakan inovasi paling mendobrak dari SAP," ujarnya.

Singgih Wandojo, Managing Director SAP Indonesia, menyebutkan solusi HANA telah dibeli oleh beberapa perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang plantation, perbankan, dan retail.

""Mereka memanfaatkannya untuk mengolah data atau menyajikan laporan harian," ujarnya.

SAP merupakan perusahaan yang didirikan oleh lima orang di Jerman pada 1972 dan saat ini telah menjadi salah satu perusahaan IT besar yang memiliki lebih dari 55 ribu karyawan di 50 negara serta 183 ribu pelanggan di seluruh dunia.

Di Indonesia, SAP telah berusia 15 tahun dan memiliki sekitar 70 orang karyawan serta lebih dari 800 pelanggan.


Fikry Hamzah


No comments :

Post a Comment